Peran Komunikasi dalam Organisasi






PENGERTIAN KOMUNIKASI

Pengertian komunikasi berasal dari  bahasa Latin  yakni :  Communicare berarti  berpartisipasi atau memberitahukan.  Sedangkan di dalam Ensiklopedi Administrasi,  arti kata komunikasi (communication) adalah :  Suatu proses penyampaian ide dari suatu sumber berita ke suatu tempat tujuan. Sedangkan pengertian komunikasi menurut  Phil Astrid Susanto, menuliskan kata komunikasi adalah :  Proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung arti (Phil Astrid Susanto, 1974).  

Lain halnya pendapat dari seorang tokoh bernama Keith Davis, menuliskan bahwa komunikasi adalah :  Proses jalur informasi dan pengertian dari seseorang ke orang lain (Keith Davis, 1962).

Jadi pengertian komunikasi adalah :  Suatu tingkah laku atau perbuatan penyampaian lambang-lambang yang  mengandung arti dan makna dari satu individu ke individu lainnya atau dari satu organisasi ke organisasi lainnya yang menimbulkan reaksi.

Organisasi menempatkan komunikasi sebagai salah satu unsur administrasi, padahal fungsi komunikasi dalam organisasi jauh lebih dari itu dan mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat dicapai, dengan demikian sangatlah jelas bahwa dengan kegiatan “komunikasi” sangat penting dalam kehidupan berorganisasi. Komunikasi dalam suatu organisasi selalu merupakan komunikasi timbal balik, demi kepentingan semua pihak. Dalam berkehidupan manusia harus berkomunikasi yakni memerlukan orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Dalam berkomunikasi kita menciptakan persamaan pengertian, ide, pemikiran, dan sikap tingkah laku kita terhadap orang lain. Jadi komunikator dan komunikan mempunyai kesamaan dan kesepakatan pesan sehingga menimbulkan suatu pengertian.

Dalam Proses komunikasi menurut Lasswell melibatkan beberapa komponen yaitu : 

  1. Komunikator
  2. Pesan
  3. Saluran
  4. Komunikan
  5. Efek
JENIS-JENIS KOMUNIKASI

Jenis komunikasi disini akan saling berkaitan dalam suatu organisasi, agar terjadinya komunikasi yang efektif antara komunikan dengan komunikator.

  1. Komunikasi Internal ,  Komunikasi yang terjadi dalam Organisasi itu sendiri.
  2. Komunkasi Vertikal , Komunikasi dari Ketua Organisasi ke Pengurus Organisasi.
  3. Komunkasi Horizontal , Komunkasi mendatar antar Anggota pengurus ke Anggota lainnya.
  4. Komunkasi Diagonal , Komunikasi antar Ketua Departemen dengan Pengurus Departemen lainnya.
  5. Komunikasi External , Komunikasi antar Ketua BEM dengan Mahasiswa di luar lingkungan Organisasi tersebut.
KOMUNIKASI EFEKTIF

Komunikasi efektif adalah tersampaikannya gagasan, pesan dan perasaan dengan cara yang baik dalam kontak sosial yang baik pula. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi siapa pun, di bidang apapun dan dalam situasi apapun. Komunikasi yang efektif membantu anda untuk mengatur arus kerja, memperbaiki hubungan antar individual dan memberikan manfaat penting lainnya.

Ciri-Ciri Komunikasi Efektif :

  • Istilah
  • Spesifik
  • Tersusun dengan Baik.
  • Objektif, Akurat, dan Aktual.
  • Efisien.
  • Hukum Komunikasi yang Efektif.


PENDAPAT PRIBADI PERAN KOMUNIKASI di ORGANISASI


Peran Komunikasi dalam suatu Organisasi itu sangat penting. Kenapa? Karena didalam suatu Organisasi itu tidak mungkin tidak ada yang namanya sebuah komunikasi entah itu antar Ketua atau anggota , Ketua ke Pengurus sebuah Organisasi atau ke lainnya. Sebab jikalau tidak adanya suatu komunikasi didalam sebuah Organisasi tidak akan berjalan dengan baik didalam Organisasi tersebut. Karena Komunikasi dalam sebuah Organisasi mempunyai peranan yang sangat penting untuk membuat Organisasi berjalan dengan baik. sehingga dapat terciptanya kerjasama dan koordinasi yang baik didalam suatu organisasi. Maka dengan hal tersebut, komunikasi memiliki 3 hal penting yaitu adanya Komunikator, Komunikan, dan Berita/ informasi, yang sebaiknya memenuhi syarat-syarat berkomunikasi (Jelas, Tepat, Sasaran), maupun tata cara berkomunikasi yang baik, sehingga dapat tercapainya suatu tujuan bersama didalam sebuah Organisasi.

Sumber : LINK

Previous
Next Post »