A. PENGERTIAN IBD ( ILMU BUDAYA DASAR )
Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah
pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian
umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah
manusia dan kebudayaan.
Istilah llmu Budaya Dasar dikembangkan di
Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah
bahasa Inggris "The Humanities". Adapun istilah Humanities itu
sendiri berasal dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia, berbudaya
dan halus. Dengan mempelajari the htimanities diandaikan seseorang akan bisa
menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa
dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai-nilai
manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar supaya manusia bisa
menjadi humanus, mereka hams mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping
tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar
termasuk kelompok pengetahuan budaya, lebih dahulu perlu diketahui
pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu
dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :
1.
Ilmu-Ilmu
Alamiah ( Natural Science )
Ilmu ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal
itu digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku
mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan
suatu kualitas.
2.
Ilmu-Ilmu
Sosial ( Sosial Science )
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.
3.
Pengetahuan Budaya ( The Humarities )
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami
dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji
hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan
pemyataan-pemyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Pengetahuan
budaya ( The Humanities ) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup kcahlian
(disiplin) scni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam
berbagai bidang kcahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll.
Sedang Ilmu Budaya Dasat ( Basic Humanities ) adalah usaha yang diharapkan
dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep
yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan
perkataan lain Ilmu Budaya dasar menggunakan pengertian-pengertian yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pemikiran
dan kepekaan dalam mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
B.
TUJUAN
IBD ( ILMU BUDAYA DASAR )
Ilmu
Budaya Dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan
pengetahuan dan pengertian umum mengenai konsep-konsep yang dikembangkan untuk
mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan. Akan tetapi Ilmu Budaya Dasar
semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan
cam memperluas wawasan pemikiran serta kemarnpuan kritikalnya terhadap
nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun
yang menyangkut dirinya sendiri. Untuk itu agar tujuan IBD dapat berjalan
sesuai maksimal diharapkan dapat :
1.
Mengusahakan
penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih
mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang bane, terutama untuk kepentingan
profesi mereka.
2.
Memberi
kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah
kemánusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap
persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.
Mengusahakan
agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam
bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan
pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkup
pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang
berpandangan kurang luas. kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu yang ketat.
4.
Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai
yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai
yang hidup pada masyarakat.
5.
Mengembangkan daya kritis tcrhadap pcrsoalan
kemanusiaan dan kebudayaan.
6.
Memiliki latarbelakang pengetahuan yang cukup
luas tentang kebudayaan Indonesia.
7.
Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
8.
Mendukung dan mcngcmbangkan kebudayaan
sendiri dengan kreatif.
9.
Tidak terjerumus kepada sifat kedaarahan dan
pengkotakan disiplin ilmu.
10. Menambahkan
kemampuan mahasiswa untuk mcnanggapi masalah nilai-nilai budaya dalam
masyarakat Indonesia dan dunia tanpa terpikat oleh disiplin mereka.
C.
RUANG
LINGKUP IBD ( ILMU BUDAYA DASAR )
Bertitik
tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa
dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata
kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :
1.
Berbagai
aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan
budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the
humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam
pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin
dalam pengetahuan budaya.
2.
Hakekat
manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya
dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik
kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas
bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya
sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan
sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan
sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Pokok-pokok bahasan yang
dikembangkan adalah :
1.
Manusia
dan Cinta Kasih -> Kasih Sayang,
Kemesraan, dan Pemujaan.
2.
Manusia
dan Keindahan -> Renungan,
Kehalusan, Kesarsian.
3.
Manusia
dan Penderetiaan -> Rasa Sakit, Kesyahidan,
Sisksaan, Kesengsaraan, Neraka.
4.
Manusia
dan Keadilan -> Kejujuran,
Pemulihan Nama Baik, Pembalasan.
5.
Manusia
dan Pandangan Hidup -> Cita-Cita,
dan Kebijakan.
6.
Manusia
dan Harapan -> Kepercayaan,
dan Harapan.
Dari pengembangan masalah-masalah tersebut
diatas, nampak sekali bahwa orientasi ilmu budaya dasar memang tidak terlepas
dari masalah-masalah manusia dan kebudayaannya Kedelapan pokok bahasan (beserta
sub pokok bahasan) tersebut diatas pada dasarnya termasuk dalam karya-karya
yang tercakup dalam pengetahuan budaya (the Humanities). Dan sebagai mana
dikemukakan, untuk mendekati masalah yang akan dikaji dalam ilmu budaya dasar,
baik secara sendiri-sendiri maupun gabungan antar bidang. Perwujudan mengenai
cinta kasih, misalnya terdapat dalam karya-karya sastra, tarian, musik,
filsafat, lukisan, patung dan lain sebagainya yang semuanya meruakan
benda-benda budaya. Untuk itu pokok bahasan mengenai manusia dan cinta kasih
dapat didekati dengan menggunakan karya-karya tersebut. Dengan penyusunan
tema-tema semacam itu, dimaksutkan agar mahasiswa lebih mudah dalam
mengidentifikasi dirinya dengan masalah yang dibahas dan untuk menunjukkan
bahwa hal-hal yang didiskusikan sesuai dengan pengalaman hidup manusia. Disamping
itu agar mahasiswa juga dapat memperhatikan norma-norma yang membantu
pendidikan. Walaupun penyusunan semacam itu diharapkan untuk mendekatkan dengan
penalaman mahasiswa, masih terbuka kemungkinan untuk menyusaikan dengan kondisi
tempat belajar atau daerah setempat.
Sumber
:
SOAL :
1.
Secara dasar IBD ( Ilmu Budaya Dasar )
adalah?
a.
Ilmu
alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
b.
Pengetahuan dimana terdapat ilmu tentang
budaya dasarnya saja.
c.
Pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan
pengetahuan dasar yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan
kebudayaan. *
d.
Salah
satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cam memperluas wawasan pemikiran
serta kemarnpuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya.
2.
Prof.Dr.Harsya
Bachtiar
mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok
besar, yaitu ?
a.
lmu-Ilmu Alamiah
b.
Ilmu-Ilmu Sosial
c.
Pengetahuan Budaya
d.
A,B,C Benar *
3.
Tujuan dari Pengetahuan Budaya adalah ?
a.
Bertujuan
mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
b.
Bertujuan untuk memberikan mahasiswa
pengetahuan tentang pengetahuan budaya.
c.
Bertujuan
untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. *
d.
Bertujuan
untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar
manusia.
4.
Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi
sebagai pengetahuan yang mencakup?
a.
Seni, Jasmani, dan Rohani.
b.
Keahlian (disiplin), Seni, dan Filsafat.*
c.
Seni, Filsafat, dan Hukum.
d.
Hak dan Kewajiban
5.
Berikut Tujuan dari IBD ( Ilmu Budaya Dasar
), kecuali
?
a.
Menyadarkan
mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati
serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
b.
Tidak dapat memberikan mahasiswa tentang pengetahuan
dalam budaya-budaya yang terdapat di Indonesia. *
c.
Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
d.
Menambahkan kemampuan mahasiswa untuk
mcnanggapi masalah nilai-nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan dunia
tanpa terpikat oleh disiplin mereka.
EmoticonEmoticon